Umrah dari Indonesia

Posted by

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbanyak di Dunia, kurang lebih ada sekitar 80% penduduk Indonesia adalah muslim. Pada umumnya, penduduk Indonesia menggunakan jasa travel atau travel khusus umrah untuk keberangkatan  mereka.

Travel umrah ini  menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan jamaah sehingga konsentrasi jamaah hanya pada pelaksanaan ibadah umrah saja di Masjidil Haram di Mekkah dan Madinah. Travel umrah bekerja sama dengan hotel di sekitar Masjidil Haram sehingga sangat memudahkan jamaah. Pada umumnya biro perjalanan umrah menetapkan beberapa paket umrah dan yang paling minimal adalah 9 hari perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi dan kembali ke Indonesia lagi.

Menurut data dari Kementrian Agama, umrah di Indonesia mengalami peningkatan sejak tahun 2016, sehingga penyelenggara travel umrah pun semakin meningkat. Ini adalah salah satu dampak dari panjangnya antrian ibadah Haji dan juga telah meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Meningkatnya jamaah umrah dari Indonesia, membuat Indonesia masuk rangking ketiga dari sepuluh negara dengan jamaah umrah terbanyak di tahun 2016. Pada peringkat pertama diduduki oleh negara Mesir sebanyak 1,3 jemaah dan peringkat pertama diduduki oleh pakistan dengan 991,3 ribu jemaah. Sedangkan pada peringkat tiga ada Indonesia dengan jumlah jemaah 699,6 ribu, kemudian diikuti oleh negara Turki, Yordania, India, Aljazair, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Irak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *