Tips Haji Sebelum Keberangkatan

Posted by
  1. Persiapan Ilmu: Ilmu sebelum amal, banyaklah membaca dan bertanya kepada ustadz seputar manasik haji. Salah satu panduan haji bisa anda dapatkan di sini. Usahakan menghafal do’a-do’a penting manasik haji. Meski bisa membaca doa di buku panduan Haji, berdoa langsung akan lebih membawa kekhusyu’an.
  2. Persiapan fisik: mulai berlatih olah raga rutin, misalnya berjalan kaki di pagi dan sore hari. Haji adalah ibdah yang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Banyak aktivitas jalan kaki dan berdesakan antar jamaah, serta waktu istirahat yang sedikit.
  3. Persiapan ruhiyah: mulai perbanyak ibadah sunnah, tahajud, dhuha, serta sholat sunnah lainnya. Banyak bertaubat dan meminta maaf kepada sesama.
  4. Persiapan sosial: dianjurkan untuk berwasiat, karena perjalanan haji adalah perjalanan yang panjang dan penuh rintangan. Minta doa keluarga besar dan lingkungan kampung juga sangat dianjurkan.
  5. Persiapan mal (harta): Tukarkan uang rupiah dengan uang real jauh-jauh hari. Jelang keberangkatan reyal menjadi mahal. Belilah pada saat kurs masih murah.
  6. Persiapan Bekal:
  • Pakaian: bawalah pakaian sekedarnya karena bagasi kuotanya terbatas. Bawa pula peralatan mandi dan cuci pakaian.
  • Makanan: Bawa makanan yang praktis dan kering seperti rendang, dendeng, ikan asin, indomie, orek. Makanan di Saudi cenderung bumbunya kurang, sehingga banyak jemaah yang tidak nafsu makan.
  • Obat-obatan: Bawa obat-obatan terutama bagi yang mendertia penyakit tertentu. Obat umum perlu juga dibawa seperti  penghilang nyeri (analgesic), obat pilek, obat sakit perut, kain kasa serta perangkat obat luka. Jangan lupa lotion pelembab kulit karena udara Saudi yang kering bisa menyebabkan kulit pecah-pecah dan berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *