Selain Bakkah Ternyata Makkah Memiliki 7 Nama Lain, Apa Saja?

Posted by

Pada 28 Juli 2017, jamaah Indonesia gelombang I akan berangkat ke Tanah Suci. Sementara gelombang II baru akan berangkat beberapa pekan ke depan, meski puncak haji berlangsung September mendatang.

Dalam sejarah manusia, tidak ada satu kota pun di dunia yang dapat menyaingi kehormatan dan kesucian Kota Makkah. Hal ini terjadi karena di Makkah terdapat Kakbah dan Masjidil Haram, serta keluruhan sejarah yang menyertainya.

Secara geografis, Kota Makkah terletak di sebelah barat Kerajaan Arab Saudi di Tanah Hijaz, dikelilingi gunung-gunung yang menjulang tinggi, dan berada di ketinggian 300 meter dari permukaan laut.

Kota ini terlerak sekira 400 meter ke arah barat daya Kota Madinah atau sekira 120 kilometer dari arah timur Kota Thaif, atau sekira 72 km dari arah Kota Jeddah dan Pantai Laut Merah.

Makkah dipimpin oleh seorang wali kota atau disebut amir. Pengangkatannya dilakukan dan disahkan oleh Raja Saudi yang dibantu Majelis Dewan Kota, terdiri dari 14 tim yang berjumlah 14 orang.

Makkah juga merupakan ibu kota provinsi, meliputi beberapa kota besar di sekitarnya. Makkah merupakan kota suci yang namanya sering disebut di kitab suci Alquran. Perkataan Makkah dapat berarti ‘tamuk al fajir’ atau ‘tukhrijuhu wa tuhlikuhu’, yang bermakna ‘terusir orang kafir’, sebagaimana disebutkan dalam Alquran (Al Fath, 48:24).

Di dalam Alquran, Makkah tertulis memiliki delapan nama lain, apa saja? Berikut ini seperti disarikan dari ‘Buku Cerdas Haji dan Umrah, Mabrur itu Mudah dan Indah’ karya Dr Muhammad Syafii Antonio M.Ec.

1. Bakkah (QS Al Imran, 3:96)

Teriakan dari yang perkasa, atau berarti tunduk. Nama ini mengisyaratkan pada tempat yang penuh berkah.

2. Umm al Qura (QS Al An’am, 6:92)

Artinya ‘Markaz al ardh’, bermakna ‘pusat kota’, ‘kota paling mulia’. Nama ini disematkan sebagai nama universitas di Kota Makkah yaitu Umm al Qura University.

3. Al Balad (QS Ibrahim 14:35)

“Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata, Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah), negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.”

4. Balad al Amin (QS At Tin, 95:3)

Artinya ‘memberikan keamanan bagi orang yang ketakutan’.

5. Al Baldah (QS An-Naml, 27:91)

“Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Makkah) yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

6. Al Haram al Amin, (QS Al Ankabut, 29:67)

“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa Kami sesungguhnya telah menjadikan (negeri mereka Tanah Suci yang aman, sedang manusia di sekitarnya rampok merampok).

7. Al Qaryah (QS Muhammad, 47:13)

“Dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat daripada (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang penolong pun bagi mereka.”

8. Mukhraja Shidqi (QS Al Isra, 17:80)

“Ya Tuhan ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *