Intip Biaya Hotel di Madinah, Harganya Rp3,325 Juta per Jamaah

Posted by

Kebutuhan akomodasi atau pemondokan sudah dipersiapkan Kementerian Agama (Kemenag) sejak Desember 2016. Pengadaannya sendiri dilakukan dengan melihat fasilitas yang ada di pemondokan atau hotel tersebut.

“Proses pengadaan pemondokan dilakukan sejak Desember tahun lalu dan dilakukan secara cermat demi kenyamanan jamaah,” ungkap Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Amin Handoyo kepada wartawan, Jumat 28 Juli 2017 malam.

Disebutkannya, biaya pemondokan jamaah haji selama di Madinah adalah 950 riyal Arab Saudi atau Rp3.325.000 (Rp3.500 per riyal). Namun, biaya itu bukan per malam.

“Biayanya gelondongan selama melaksanakan arbain (delapan sampai sembilan hari) dan dihitung per bed atau per orang,” kata Amin Handoyo seraya menambahkan bahwa demi kenyamanan jamaah semua kamar maksimal diisi enam orang.

Ia menginformasikan, ada 131 hotel yang akan melayani jamaah haji Indonesia saat berada di Madinah untuk keperluan ibadah arbain. Jarak pemondokan paling jauh dari Masjid Nabawi adalah 1,2 kilometer.

“Nanti jamaah yang jauh hotelnya akan dilayani Bus Shalawat seperti di Madinah,” ujar Amin Handoyo.

Dia pun menegaskan kesiapan Daker Madinah dalam melayani jamaah haji. Sehingga, jamaah merasa nyaman dalam beribadah mendapatkan haji yang mabrur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *