Ingat! Gelang Haji dan Identitas Jamaah Jangan Sampai Tertukar

Posted by

Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) Jeddah memberikan beberapa imbauan dan larangan bagi jamaah haji Indonesia selama berada di Tanah Suci. Imbauan dan larangan terkait dengan keamanan, kenyamanan dan kepatuhan jemaah terhadap regulasi di Arab Saudi.

Jamaah diimbau agar selalu waspada terhadap keamanan di sekitar. Selama berada di Arab jamaah diminta tetap memakai identitas baik gelang maupun tanda pengenal lainnya. Ingat, jangan sampai tertukar dengan identitas orang lain.

Tips lain untuk menjaga keamanan adalah dengan selalu berkelompok saat bepergian. Jangan lupa membawa telepon seluler serta nomor telepon atatu alamat petugas kloter atau sektor atau daker saat bepergian.

“Jamaah juga harus waspada dengan ajakan orang tidak kenal selain juga supaya tidak membawa uang berlebih dan perhiasan mencolok,” demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis Kantor Urusan Haji Indonesia, Sabtu (29/7/2017).

Saat hendak meninggalkan kamar pastikan listrik dan peralatan elektronik telah dimatikan, koper, dan pintu kamar terkunci dengan baik.

Saat jamaah berada di hotel sebaiknya ikuti ketentuan standar. Jangan memasukkan tamu tidak dikenal. Jamaah juga wajib membuang sampah pada tempat yang tersedia, hemat air, tidak memasak di kamar, jaga kebersihan kamar tidur dan kamar mandi, serta jangan membuang sampah di dalam toilet/WC. Jika AC dimatikan dan dihidupkan kembali harus menunggu sekitar 15 menit terlebih dahulu.

Guna menjaga kebersihan dan kesehatan, jamaah diharapkan tetap menjaga kebugaran dengan banyak minum air putih, makan buah, dan istirahat yang cukup. Selalu kenakan pakaian yang bersih dan rapi saat ibadah maupun aktivitas lain. Sebaiknya jamaah menghindari terpapar langsung sinar matahari dengan memakai payung atau pakai yang dapat melindungi dari angin, panas, dan debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *